Menyediakan Informasi Beasiswa Terbaru Bagi Anda, Semoga Bermanfaat

Sunday, December 13, 2015

Informasi Program Beasiswa Japanese Studies, Wujudkan Mimpimu Belajari di Jepang

Program Beasiswa Japanese Studies merupakan program beasiswa dari Pemerintah Jepang (Monbukagakusho) yang dirancang khusus bagi para mahasiswa/i yang saat ini sedang kuliah di jurusan Jepang program S1 untuk meningkatkan kemampuan bahasa Jepang dan memperdalam pengertian tentang kebudayaan Jepang. Program ini adalah program non-gelar dan lamanya adalah 1 tahun dari Oktober 2016.

Syarat-syarat pelamar :
  1. Mahasiswa yang masih aktif kuliah di salah satu perguruan tinggi program S1, yang mempelajari bahasa, budaya, dan sastra Jepang.
  2.  Usia di bawah 30 tahun pada tanggal 1 April 2016.
  3. Mahasiswa dari tingkat tiga (atau semester enam) ke atas pada waktu melamar (ada pengecualian bagi mereka yang mempunyai kemampuan berbahasa Jepang yang baik dan direkomendasikan khusus oleh perguruan tinggi dan yang sudah belajar lebih dari satu tahun di perguruan tinggi pada tanggal 1 April 2016 boleh mendaftar walaupun belum mencapai tingkat tiga).
  4. Direkomendasikan oleh Universitas, berdasarkan seleksi internal di Universitas masing-masing.
  5. Sehat jasmani dan rohani.
Fasilitas yang didapat :
  • Tanpa ikatan Dinas
  • Tiket pesawat kelas ekonomi p.p Indonesia (Jakarta) – Jepang(Tokyo/Osaka)
  • Full cover biaya pendidikan, full cover biaya pembuatan visa pelajar
  • Tunjangan hidup sebesar ¥ 117.000 per bulan, yang diberikan setiap akhir bulan selama masa studi di Jepang (ada kemungkinan jumlah tunjangan akan mengalami perubahan)
  • Peserta disediakan asrama yang pembayarannya diatur sendiri oleh penerima beasiswa
Dokumen yang diperlukan:
  • Surat pengantar dari Universitas yang berisi daftar siswa yang direkomendasikan oleh universitas.(surat dibuat dalam bahasa Jepang/Inggris)
  • Formulir aplikasi, diisi dalam bahasa Jepang/Inggris.
  • Pasfoto berwarna (harus ditempel pada setiap formulir, ukuran foto lihat / disesuaikan dengan ukuran kotak pada formulir aplikasi).
  • Surat keterangan dari perguruan tinggi, yang menerangkan bahwa yang bersangkutan adalah mahasiswa dari perguruan tinggi tersebut. Harus dilengkapi dengan keterangan tempat dan tanggal lahir. (surat dibuat dalam bahasa Jepang/Inggris, satu surat untuk satu mahasiswa/i)
  • Surat rekomendasi dari ketua jurusan atau pembimbing mengenai pribadi mahasiswa yang bersangkutan, dan harus diisi dalam bahasa Jepang/Inggris dalam form yang telah tersedia.
  • Fotokopi transkrip nilai mulai semester satu sampai saat ini. (Dalam bahasa Inggris, dilegalisir / dicap basah dari Universitas)
  • Fotokopi Sertifikat Nihongo Noryoku Shiken / JLPT, jika ada.
* Semua dokumen ditulis dalam bahasa Jepang atau bahasa Inggris, dibuat masing-masing sebanyak 3 rangkap dan dibuat/diprint pada kertas ukuran A4.

Cara Pelamaran :
  1. Pendaftaran dibuka pada 7 Desember 2015 dan ditutup pada 11 Januari 2016.
  2. Pelamaran dilakukan secara kolektif oleh Universitas dan dengan rekomendasi dari Universitas yang bersangkutan, bukan perorangan
Formulir pendaftaran yang telah diisi beserta dokumen pelengkap, diserahkan langsung/dikirim ke:

Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang
Jl. M. H. Thamrin 24
Jakarta 10350

Selambat-lambatnya harus tiba tanggal 11 Januari 2016. Mohon tuliskan kode “Japanese Studies 2016” pada bagian kanan atas amplop.

Kontak:
Jika ada pertanyaan, bisa disampaikan melalui email ke beasiswa@dj.mofa.go.jp.

For more information, please visit official website: www.id.emb-japan.go.jp.

Untuk formulir aplikasi dan format rekomendasi dapatkan disini    disini

Informasi Program Beasiswa Japanese Studies, Wujudkan Mimpimu Belajari di Jepang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Gilang KenViL

0 comments:

Post a Comment